Sabtu, 09 Februari 2013

Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Saat Musim Hujan Tiba

Foto: http://1.bp.blogspot.com/-ZegrQeqp2a0/TxJQd5AMhfI/AAAAAAAAAIo/nT2FTrcJG-4/s320/when-rain-remains1.jpg
Ini adalah beberapa tips yang dapat membantu anda


1. Cek kesehatan Anda sebelum bepergian

Sebenarnya tips ini selalu dilakukan oleh setiap orang ketika akan melakukan kegiatan, mulai dari bepergian ke tempat yang jaraknya jauh maupun dekat. Kesehatan sangat menentukan kenyamanan dan keselamatan selama perjalanan berlangsung. Cek kesehatan tidak harus pergi ke dokter terlebih dahulu, namun dengan memperhatikan sekaligus merasakan apakah kondisi kita fit atau tidak pada saat akan melakukan perjalanan.

Melakukan aktivitas di luar rumah akan terasa berat apabila tubuh kita tidak sehat. Sehingga saat badan terasa tidak enak atau sakit maka lebih baik Anda mengurungkan niat untuk keluar rumah atau bepergian jauh. Segera istirahatkan tubuh Anda di rumah, ataupun mengobatinya dengan obat-obat alami sekaligus memakan makanan penambah energi.

Penyakit yang sering menyerang kita saat musim dingin adalah flu atau pilek. Hidung terasa buntu dan badan meriang adalah gejala seseorang menderita penyakit flu. Bila terserang flu maka segera istirahatkan total tubuh Anda di tempat tinggal, hindari aktivitas yang dapat membuat badan letih atau lemas kekurangan energi. Maka dan minumlah sesuatu yang dapat menghangatkan dan memulihkan kondisi badan, seperti meminum minuman jahe hangat, memakan bubur ayam yang baru dimasak, ataupun meminum air jeruk hangat pun dibolehkan.

2. Lakukan olah raga untuk menjaga kebugaran tubuh dan peningkatan kualitas fisik

Berolahraga di musim dingin menjadi sesuatu yang jarang dilakukan oleh sebagian besar masyarakat. Kenapa? Wajar saja karena di musim dingin, seseorang akan lebih nyaman berada dalam ruangan atau rumah demi menghindari air hujan atau salju yang sangat dingin. Tetapi bila kita tidak berolahraga dapat menurunkan stamina atau kondisi tubuh selama musim dingin.

Lakukan olahraga yang dapat dimainkan di musim dingin, otomatis kita mencaroi olahraga indoor atau dalam ruangan. Olahraga indoor sangat bervariasi dan banyak jumlahnya. Misalnya di Indonesia maka telah dibangun lapangan futsall di mana-mana, khususnya di kota-kota besar. Sehingga oleharaga sepak bola mini ini akan dapat menjadi aktivitas yang menyenangkan dan bermanfaat bagi tubuh kita selam musim dingin tiba. Bila Anda tidak begitu suka dengan olahraga futsall maka alangkah baiknya melakukan olahraga lainnya seperti voli, bulutangkis, ataupun tenis meja. Berkeringatlah selamat musim dingin!

3. Konsumsilah makanan dengan kecukupan gizi yang baik (4 sehat 5 sempurna)

Makanan adalah hal yang urgen dalam menjaga kesehatan tubuh, apalagi di waktu musim dingin dimana tubuh butuh asupan energi untuk menjaga kehangatan badan. Maka makanlah makanan yang dimasak sendiri di rumah, hindari makanan cepat saji. Selain rendah gizi makanan cepat saji umumnya mengandung kolesterol yang tinggi.

4. Perbanyak minum air mineral sebanyak satu gelas setiap satu atau dua jam walaupun tidak haus

Air putih sangat penting untuk metebolisme tubuh kita. Jangan sampai kekurangan air putih kapan pun. Jaga rutinitas meminum air putih setiap harinya, setidaknya delapan gelas sehari untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan mineral. Selebihnya dapat meminum minuman yang bervariasi, seperti susu sampa teh tarik.

5. Hindari terpaan udara dingin apabila memungkinkan

Keluar rumah sewaktu musim penghujang memang harus waspada, terutama bila ada angin kencang yang datang. Cermati kondisi cuaca di hari kita akan bepergian, bila dirasakan terlalu berat untuk dilewati maka sebaiknya mendiamkan diri di rumah saja. Bila berkeinginan keluar rumah, maka pakailah pakaian tebal dan dapat melindungi tubuh dari air hujan atau salju.

6. Cukup istirahat dan tidur lebih kurang 6-8 jam sehari

Istirahat yang cukup pada malam hari di musim dingin. Dengan cuaca yang berat maka salah satu upaya untuk mempertahankan kesehatan adalah dengan istirahat yang cukup. Hindari kerja yang berat dan lemburan selama musim penghujan, karena saat tersebut adalah waktu yang sangat riskan bagi tubuh untuk terserang sakit.

7. Batasi kegiatan yang tidak perlu agar tubuh tetap sehat

Aktivitas yang tidak perlu harus diminimalisir, misalnya begadang semalaman untuk nonton televisi atau video, bermain game sampai larut malam, atau sekedar cangkrukan di warung atau cafe. Isi waktu di musim dingin kegiatan yang bermanfaat atau yang menghasilkan uang tentunya.

Sumber:
http://angeliatrading.com/musim-dingin-tiba-siapkan-segala-perlengkapan-musim-dingin

(Admin)

Berita Terkait Lainnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar