Kamis, 30 Januari 2014

Budaya Kesenian Kerawitan

Pimpinan Paguyuban Kesenian Kerawitan
“Mardi Laras”
Bpk. Adnan Hadisiswoyo
Musi Rawas, PDK
Paguyuban Kesenian Kerawitan“Mardi Laras”. Salah satu kesenian yang ada di Kabupaten Musi Rawas-Sumatera Selatan, tepatnya di Desa Mataram Kecamatan Tugumulyo. Berdiri sejak tahun 1986 hingga sekarang.
Tokoh Pendiri Paguyuban Kesenian Kerawitan Mardi Laras yang pertama kali ialah Almarhum Bapak Mardiyono, akan tetapi warisan keseniannya tetap di lanjutkan oleh Bapak Adnan Hadisiswoyo, sebagai pimpinan Paguyuban “Mardi Laras” dan sekaligus sebagai dalang dalam setiap pementasan pagelaran wayang kulit. Begitu juga Bapak Budi Sulistio berperan sebagai dalang di Paguyuban “Mardi Laras” (Ada dua Dalang). Bukti dukungan dari Pemerintah Kabupaten Musi Rawas, melalui SKPD Kebudayaan dan Pariwisata dengan menerbitkan surat keputusan SK. Nomor : 556/071/BUDPAR/2011. Untuk Paguyuban Kesenian Kerawitan “Mardi Laras” Desa Mataram Kecamatan Tugumulyo.

Sekretaris Paguyuban Kesenian Kerawitan
“Mardi Laras”
Bpk. Mukyadi
Selain itu, mereka pengrajin alat-alat gamelan dan alat-alat kesenian Jaranan / Kuda Lumping yang mana hasil dari kerajinan dapat di jual kepada kelompok kesenian lainnya. Serta masyarakat umum yang membutuhkan / sangat berminat dengan kerajinan alat gamelan dan alat jaranan. Ungkapan dari Bapak Adnan Hadisiswoyo, “Budaya Kesenian Kerawitan / Wayang Kulit merupakan cirri khas kebudayaan di Indonesia untuk dapat dipertahankan kesenian. Kerawitan / wayang kulit tersebut harus di lestarikan dan dibudayakan. Sehingga menjadi nilai sejarah yang tak pernah pudar dari zaman ke zaman. Selanjutnya Bapak Adnan Hadisiswoyo menggeluti, melakoni profesi sebagai Dalang Wayang Kulit sejak tahun 1972 berawal dari kampong Sukorejo Kecamatan STL Ulu Terawas Kabupaten Musi Rawas. Adapun Tema di dalam Pentas pewayangan yang sering di tampilkan antara lain :
Tema di Hajatan Pernikahan yaitu :       - Wahyu Antat Wulan
- Wahyu Purbo Sejati
-  Makhkuto Rama
-  Mustaka Weni

Tema di Hajatan Khitan, yaitu : - Wahyu Cakra Ningrat
-  Wahyu Senopati

Tema di Hajatan Umum, yaitu : - Semar Bangun Khayangan

Dan masih banyak lagi tema-tema Wayang Kulit di Paguyuban Kesenian Kerawitan “Mardi Laras”. Bapak Adnan Hadisiswoyo menambahkan bila masyarakat ingin memesan kerajinan gamelan, kerajinan jaranan, serta memakai jasa kesenian pameran / paguyuban wayang kulit dapat menghubungi ke nomor handphone : 081377656839 / 085768632890 (Pak Adnan. H)
081271042949 / 085279663963 (Pak Mukyadi)
                                  (Nurtaqwim)

Berita Terkait Lainnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar