Senin, 05 Agustus 2013

Jambore Penggalang Kwaran Purwodadi di Bumi Perkemahan P.1 Mardiharjo


Musi Rawas, PDK
Berlangsung dilapangan bola kaki P.1 Murdiharjo kecamatan Purwodadi, Musi Rawas jamboree penggalang kwaran resmi dibuka dibawah terik matahari sore. Acara berlangsung hikmat dan dihadiri beberapa pejabat daerah dan seluruh warga kecamatan Purwodadi yang sangat antusias mendukung acara ini.

Hadir Kapolsek Purwodadi F. Jaya yang langsung memberikan responnya sangat positif atas terselenggaranya jamboree ini. Sangat bagus dan mengingatkan kita semua pada sejarah perjuangan yang akan menciptakan kemandirian, sportifitas, tangkas dan mahir dalam mensikapi suatu permasalahan dan berani tampil dikemudian hari dan menjadikan guru yang baik dari kegiatan ini. Hadir juga bapak camat Purwodadi yang diwakili KUPT Purwodadi, dinas pendidikan kabupaten Musi Rawas yang diwakili para kepala sekolah sekecamatan Purwodadi.
Acara diawali dengan laporan komandan upacara kepada Pembina upacara. Diteruskan pengarahan kepada seluruh peserta yang hadir di jambore ini. Dengan menegaskan kedisiplinan, sportifitas, dan rasa tanggung jawab menjalankan jambore ini selama 3 hari dengan mematuhi semua aturan yang telah di tentukan. Di tempat yang sama Susilo, M.Pd kepala sekolah SMPN O mengungkapkan hal ini sangat bagus dilaksanakan untuk mendidik anak agar memiliki rasa tanggung jawb dan bisa hidup mandiri sehingga kami sangat berharap kegiatan ini bisa dilaksanakan tiap tahun dan ditempat yang berbeda. Susilo, M.Pd menghadirkan 2 regu yang berjumlah 30 orang siswa. Pada jambore ini SMPN O mengikuti lomba tingkat penggalang antar SMP.
Kegiatan jambore penggalang kwaran Purwodadi dilaksanakan selama 3 hari dimana hari pertama dimulai sejak pukul 07.30 hingga pukul 22.00. Dan pada pukul 14.00 siang dilaksanakan kegiatan cerdas cermat dan tartil al-quran. Pada hari kedua kegiatan dilanjutkan sejak pukul 20.00 sampai pukul 24.00 malam yang melakukan kegiatan api unggun dan diteruskan dengan pentas seni dari seluruh peserta jambore SD dan SMP serta renungang suci. Dihari ketiga acara berlangsung hingga pukul 16.00 sore diakhiri dengan pembongkaran tenda yang dimana sebelumnya diisi dengan kegiatan-kegiatan rutin setiap hari seperti mencari jejak, bakti masyarakat dan diakhiri dengan sayembara.
Pada kesempatan lainnya Efsulani S.Pd sebagai ketua panitia kegiatan tersebut menyampaikan kegiatan jambore ini kami laksanakan setiap tahun dan untuk selanjutnya akan dilaksanakan kembali pada tanggal 14 agustus 2014. Dengan ini kami akan menyatukan visi dan misi untuk melaksanakan kegiatan kepramukaan khususnya dibidang kepanduan ini. Kegiatan ini akan kami laksanakan sesuai dengan program program KKS kecamatan Purwodadi. Maksud dari kegiatan jamboree ini agar pramuka tidak hanya sekedar kegiatan biasa, selama ini kegiatan pramuka vakum kecamatan Purwodadi salah satunya pengekspose daripada pramuka yang ada dikabupaten Musi Rawas, dan kami harapkan semoga kecamatan Purwodadi ini sebagai ujung tombak kegiatan pramuka di kabupaten Musi Rawas. Dalam mengadakan kegiatan pramuka ini anak-anak kita akan menjadi anak-anak yang disiplin dan berani serta beriman kepada Allah SWT, semoga apa yang kami laksanakan ini menjadi pelajaran yang baik bagi anak-anak didik kita di kecamatan Purwodadi dan kabupaten Musi Rawas.
Dengan harapan untuk kesempatan kedepan kami akan adakan acara yang sama pada wilayah 2 yang terdiri dari beberapa kecamatan dan akan kami jadikan satu kegiatan jamboree untuk memperingati hari pramuka dan nasional. Dan untuk pertama kali akan dilaksanakan di wilayah 2 yang meliputi kecamatan Tugumulyo, kecamatan Purwodadi, kecamatan Megang Sakti, kecamatan Terawas, kecamatan dan kecamatan Sumberharta. Untuk kegiatan ini kami akan ikut sertakan 13 SD pangkalan dan SMP 2 Pangkalan, dan MTS 1 dengan jumlah keseluruhan siswa peserta jamboree 260 dari 30 tenda dan SMP 6 tenda. Semoga apa yang kami laksanakan akan menjadi suritauladan kepada kecamatan lainnya.
Saat wartawan PDK menanyakan respon dari pemerintah, Efsubani mengucapkan semoga kegiatan-kegiatan seperti pramuka ini tetap bisa terus berlangsung dan kami mendukung penuh kegiatan kepramukaan ini dengan melayangkan surat ke kakwarcab dan ke dinas pendidikan semoga kedepan kegiatan jamboree akan lebih baik lagi dan kami menyampaikan terimakasih kepada warga kecamatan Purwodadi yang telah mendukung penuh acara kegiatan ini.
                                                                                                                          Ampera




Berita Terkait Lainnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar