Senin, 18 Februari 2013

6 Gugus Sekecamatan Tugumulyo Kabupaten Musi Rawas Mengikuti Bimbingan Pra Semester



Musi Rawas, PDK - Salah satu tugas para pendidik adalah mencerdaskan anak bangsa. Anak anak adalah generasi penerus demi tetap berdirinya Negara ini berlangsung. Di SDN 1 Widodo KET Tugumulyo yang dipimpin oleh Ibu Suswati S.Pd yang sekaligus mengetuai acara bimbingan pra semester untuk seluruh Kepala sekolah, guru, dan penjaga sekolah
berlangsung hikmat dan diisi juga dengan tanya jawab peserta rapat. Pertemuan gugus 1 ini dihadiri 4 SDN yaitu SDN I A Widodo yang dipimpin Ibu Susiwati S.Pd, SDN II O Widodo yang dipimpin Bapak Dahliman Suwani, SDN I Tegalrejo yang dipimpin oleh Bapak Wiyadi S.Pd dan SDN II Tegalrejo yang dipimpin oleh Ibu Suratin. Kegiatan ini sebelumnya juga pernah telah diadakan acara semacam ini di 5 gugus lainnya. Dengan demikian sebanyak 35 SDN Sekecamatan Tugumulyo yang terdiri dari 6 gugus telah mendapatkan bimbingan pra semester. Dan pada gugus 1 merupakan gugus terakhir yang mendapatkan pengarahan dan bimbingan pra semester.
Hadir dikesempatan ini beberapa narasumber sebagai team pembimbing diantaranya pengurus tingkat SD Sekecamatan Tugumulyo Bapak Agus Marwani S.Pd, KUPT Kecamatan Tugumulyo Bapak Soli S.Pd yang diwakili Bapak Muladi, pengurus Penjas Kecamatan Tugumulyo Bapak Tukinun S.Pd, Bapak Sudarman S.Pd I sebagai pengawas PENDAIS (PAI) Kecamatan Tugumulyo, Bapak Supran S.Pd pengurus tingkat SD. Diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, laporan ketua gugus 1 oleh ketua panitia kegiatan Ibu Suswati S.Pd dan pengarahan serta bimbingan dari KUPT Kecamatan Tugumulyo mengenai etos kerja dengan mengikuti peraturan  yang sudah ada yaitu mengawali kegiatan belajar mengajar sejak pukul 08.00 sampai dengan 12.30 WIB, kepatuhan kedisiplinan, berbusana yang baik, berbicara yang sopan dengan tata karma, loyalitas, kesetian terhadap pemerintah dan Negara Indonesia, patuh terhadap PP dan Undang-undang pelayanan yang baik terhadap publik dan hak sebagai seorang PNS adalah hak untuk kenaikan pangkat serta hak untuk cuti bersalin.
Dilain hal kepala sekolah, calon kepala sekolah, guru, calon guru, harus memiliki aspek managerial dan aspek akademik managemen. Ada 3 hal yang harus diutamakan antara lain manusia dan seluruh karakternya, finansialnya namun dalam posisi yang seimbang antara hak dan kewajiban. Dikatan juga mengenai Permenpan PR no. 16 tahun 2009 mulai 22 januari 2013 telah diberlakukan untuk seluruh guru TK, SD, SMP, SMA, SMK dan sejak 30 januari 2013 seluruh kepsek dan guru mulai dinilai kinerjanya dan akan diprogramkan selama 2 semester dengan jumlah SKS nya dibagi 2 dengan komposisi 75% teori akademik dan 25% praktik lapangan dan pada akhir semester akan diterbitkan sertifikat guru. Namun diharapkan seluruh pendidikan memiliki gelar S1.
Sebagai kata bimbingan terakhir dari salah satu narasumber Agus Maruadi S.Pd, “Mari kita tanamkan rasa budaya malu, jujur dalam berkata dan berbuat”. Dilain tempat wartawan PDK berbincang dengan Bapak Soli S.Pd sebagai ketua KUPT Kecamatan Tugumulyo mengatakan dengan adanya rapat bimbingan yang dilaksanakan pada pra semester akan lebih memacu para kepala sekolah, guru, dan calon pejaga sekolah untuk menjalankan tugasnya sebagaimana mestinya sesuai dengan peraturan dan undang-undang yang berlaku. “Sayalah anak Indonesia”.
(Ampera)

Berita Terkait Lainnya