Selasa, 07 Mei 2013

GWBN 2013: Promosikan Potensi Pariwisata Daerah


Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif  mendukung penyelenggaraan Gebyar Wisata dan Budaya Nusantara (GWBN 2013) pada 23 – 26 Mei 2013 di Jakarta Convention Centre (JCC). GWBN menjadi kesempatan bagi pemerintah daerah dan stakeholder pariwisata untuk mempromosikan produk pariwisatanya.

“Diharapkan even ini mampu menstimulir pemerintah daerah untuk memperkenalkan dan mempromosikan pariwisata daerahnya. Pihak kami siap untuk memberikan dukungan dan fasilitas terhadap pemerintah daerah yang telah siap,” kata Dirjen Pemasaran Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Esthy Reko Astuti pada technical meeting GWBN 2013 di Balairung Soesilo Soedarman, 29 April 2013.
Esthy mengingatkan bahwa pengelolaan wisatawan nusantara (wisnus) tidak kalah penting dibandingkan wisatawan mancanegara (wisman). Menurut data yang dipaparkannya, tahun 2012 ada 245 juta perjalanan yang dilakukan wisnus dengan rata-rata pengeluaran Rp 700.000. “Semakin bertambahnya angka perjalanan wisatawan, maka keuntungan pengelola perjalanan dan daerah terkait juga akan semakin bertambah,”tambahnya.
Dalam perkembangannya potensi GWBN berpotensi menjadi sarana promosi pariwisata, ada baiknya  penyelenggara juga mengundang buyer yang berasal dari luar negeri. “Kita harus memperkenalkan destinasi pariwisata di seluruh tanah air kepada masyarakat nasional dan internasional. Untuk langkah ini, kita bisa memulai dengan mengundang masyarakat dari negara yang dekat terlebih dahulu seperti Australia dan Singapura,” lanjut Esthy.
Mengenai penyelenggaraan GWBN 2013, target kunjungan adalah anak sekolah. Hal ini dilakukan dengan pertimbangan anak usia sekolah juga mempengaruhi keputusan perjalanan wisata. Penyelenggara GWBN juga akan melakukan promosi ke sekolah-sekolah serta mengadakan jemputan khusus ke beberapa sekolah.
“Menyoal kunjungan dan transaksi, kami menargetkan angka kunjungan dan transaksi agar bisa sama dengan tahun lalu yakni sebesar Rp 17 miliar dengan 20.000 pengunjung,” kata ketua penyelenggara, Sukur Saka.
Penyelenggara GWBN juga akan terus memperbaiki kualitas penyelenggaraan GWBN. “Kami akan memberikan apresiasi bagi pemerintah daerah maupun industri pariwisata yang memasarkan produk pariwisata dengan menarik,” tutupnya.
Sumber: http://www.budpar.go.id/asp/detil.asp?c=16&id=2219
 
 

Berita Terkait Lainnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar